Rabu, 24 Desember 2014

Ada dosa yang lebih gede dari ngucapin selamat Natal?



              Oke gue balik lagi setelah sekian lama pengen nyoret-nyoret word tapi nggak jadi-jadi (yaiyalah seharusnya pencet, neken, dan.... benernya ngetik) . Baiklah, kita bahas natalan, kan sekarang lagi natalan menuju tahun baruan. Yeee diskonann. Ini berawal dari keresahan gue masih banyak yang resah soal ngucapin natal nggak bener, padahal apa salahnya?. Padahal gue atau yang lainnya yang ngucapinnya berusaha menjadi manusia seutuhnya dengan cara menjalin hubungan baik antar sesama makhluk ciptaan Tuhan. Titik.
                Ada yang bilang karena ada dalilnya sehingga kudu banget nahi munkar, oke gue nggak nyalahin cuman ngasih underline toh sekarang MUI pun malah menghalalkannya dan itu juga berdasar dalil juga. Hayoloh. Kita sama-sama saling menghormati sajalah, nggak usah saling ngejudge siapa yang salah, siapa yang musyrik. Ngejudge musyrik udah deket banget, tipis sama ngejudge kafir, dosanya gede ato balik lagi yang dituduhin kek bumerang kalo beneran nggak bener. Makanya inget cuman yang di atas katanya yang punya kebenaran absolut. Kalo gue di pihak yang menganggap mengucapkan selamat Natal itu halal pastinya nggak ikut-ikutan MUI doang, ada kok berbagai alesan lain kenapa itu bener, nih.
                Gue nganggep cuman ngasih selamat, menghormati, menjaga hubungan baik dengan semisal punya temen yang merayakannya. Masak iya punya temen deket dibiarin aja, atau cuek-cuek basah becek banjir seolah nggak tahu mereka sedang ngrayain hal yang menurut mereka ibadah? Setahun sekali broo. Misal lagi ketemuan sama temen yang ngrayainnya “woy bro lagi ngapain?”, “ini lagi mo ke misa natalan”. “oh”, wajar? Oh doang, bukannya lebih wajar kalo dijawab “oh oke bro, selamat ya, wilujeng natal bro, ditunggu makan-makannya (emang lebaran?)”. Sok di logika aja kalo nggak di praktekin langsung. Ditunggu kabar hasilnya kayak gimana.
                Selain itu, ada nggak sih dosa yang lebih gede dari itu semisal itu beneran nggak bener? Banyak. Ada tuh ninggalin sholat, maen tangan, maen kaki, maen-maenan nark obat, negak banyu gendeng, maen-maen hayo?:D, dan lain-lain. Tah banyak kan, kenapa nggak banget sih ngurusin hal yang lebih primer kek gitu? Kalian lebih tahulah di sekitar, samping, atas, bawah, belakang, tengah kalian hal primer itu banyak yang nganggep sekunder, urusan belakangan, ntar juga bisa tobat lagi. Padahal yang disebutin diatas tadi udah nggak selisih pendapat, semua sama dan semua suka pura-pura lupa dan nggak sadar lagi dijalanin. Menurut gue itu sih yang sebenarnya diharuskan menjadi keresahan umat manusia seluruh alam langit dan bumi dan bumi yang lain yang dikabarkan ada. Nggak jauhlah sama perintah kebajikan Saras 008 yang benarnya.
                Nah oleh karena itu, selamat merayakan Natal bagi yang merayakannya, semoga Tuhan memberkati. Amin. Tuhan menilai kalian dari kebaikan hati, Dia yang lebih tahu hati niat manusia. Kadang manusia suka bersikap mengatasnamakan Tuhan seolah wakil Tuhan. Seperti cuplikan film Cinta tapi Beda, ketika dua orang yang sama-sama mempercayai Tuhan dengan sangat, sama-sama yang sebenarnya ingin saling memiliki terpaksa harus menggantung cerita di akhir film dikarenakan ada pasal yang dibuat manusia dengan mengatasnamakan Tuhan (di filmnya) sehingga mereka nggak bisa bersatu kayak sepatu. Ya cuman film sih, cuman skenario. Hanya, yang diangkat dari skenario non fiktif berlembar-lembar mungkin . Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar